Buku PPKn untuk pegangan siswa tiap jenjang kelas, diantaranya:
Hadapilah Dan Terima Realitas Agar Eksistensi Seutuhnya
Kekuatan itu tidak terlepas dari keberadaan indra keenam atau Extrasensory Perception (ESP) yang mereka miliki
Perspektif fenomenologis, realitas merupakan sesuatu yang secara fenomenal nyata (eksis) - sementara non-realitas dianggap tidak ada
Energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan, hanya berubah
Buku kerja 4 ini berisi daftar evaluasi diri kinerja guru dan program tindak-lanjut kerja guru.
Terkait pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesionalisme.
Buku kerja guru bagian 3 ini umumnya mencakup hal-hal sebagai berikut:
1. Daftar Hadir Siswa
Daftar nama siswa dan keterangan kehadiran di kelas.
Tujuan program tahunan adalah untuk merencanakan pembelajaran selama satu tahun ajaran. Dalam Program Tahunan terdapat beberapa komponen, misalnya: Rancangan Materi, alokasi waktu atau pertemuan tiap materi, jadwal ulangan harian, dan jadwal penilaian akhir semester.
Analisis alokasi waktu ini berisi pelacakan waktu efektif dalam proses pembelajaran dan waktu yang tidak efektif dalam kalender pendidikan.
Kalender pendidikan wajib ada dalam buku kerja, agar setiap guru senantiasa mengacu pada kalender pendidikan setiap kali melaksanakan suatu
kegiatan dalam proses belajar-mengajar.
Pembiasaan yang dilakukan civitas MTs. Miftahul Ulum 2 Bakid banyak jenis dan ragamnya.
Pembiasaan ini ada yang dilakukan secara keseluruhan (guru-murid ) maupun hanya dilakukan para murid.
Sebagai tenaga profesional, guru juga berikrar menjadi seorang guru professional,
memiliki kode etik guru yang wajib dipenuhi dan tata tertib yang harus
dijalankan.
Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM sekolah/madrasah ditentukan dalam musyawarah dewan guru.
Biasanya ditentukan pada awal tahun
ajaran baru.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran atau RPP adalah suatu perencanaan yang dibuat oleh guru untuk
merencanakan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran.
Silabus adalah suatu
susunan rencana pembelajaran pada mata pelajaran atau tema tertentu.
Silabus mencakup
beberapa komponen, yaitu:
Instrumen ini adalah
rumusan tentang keterkaitan antara SKL (Standar Kompetensi Lulusan), Kompetensi
Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD).
Secara struktur, KI
merupakan turunan dari SKL dan KD merupakan turunan dari KI.